• SMP NEGERI 1 KANDIS
  • Mewujudkan murid yang beriman dan bertaqwa, unggul dalam prestasi, literat, berbudaya melayu, dan berwawasan lingkungan berdasarkan Profil Pelajar Pancasila

Akreditasi Pustaka SMP Negeri 1 Kandis

Pendahuluan

            Akreditasi saat ini menjadi istilah yang akrab didengar oleh pelaku dunia pendidikan Indonesia. Hal ini disebabkan maraknya kegiatan akreditasi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap institusi pendidikan yang ada di Indonesia. Mulai dari level pendidikan dasar sampai dengan level pendidikan tinggi, pernah mengalami akreditasi. Akreditasi ini dilakukan pemerintah sebagai upaya memperbaiki kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

            Karena dengan akreditasi akan memberikan gambaran tentang sebuah lembaga, selain itu dengan akreditasi ini maka akan mendorong setiap lembaga untuk mengembangkan lembaganya sehingga dapat mencapai paling tidak standar minimal yang ditetapkan dalam akreditasi. Selain itu pelaksanaan akreditasi ini akan memotivasi pimpinan serta seluruh komponen suatu lembaga akan meningkatkan lembaganya.

 

Pembahasan

            Menurut Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dalam Bab II Pasal 9 (b) pemerintah berwenang mengatur, mengawasi dan mengevaluasi penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari ayat tersebut dapat didefinisikan bahwa Pemerintah berhak mengatur, mengawasi dan mengevaluasi penyelenggaraan semua jenis perpustakaan yang ada di seluruh wilayah Negara ini, termasuk diantaranya yaitu Perpustakaan Sekolah. Salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan adalah melalui Akreditasi Perpustakaan Sekolah.

Akreditasi perpustakaan sekolah merupakan suatu hal yang baru, setelah sebelumnya akreditasi perpustakaan sekolah merupakan satu rangkaian dalam akreditasi sekolah. Namun sekarang akreditasi perpustakaan sekolah telah berdiri sendiri.

Akreditasi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu. Sedangkan tujuan dari dilakukannya akreditasi secara umum adalah memberikan penilaian yang obyektif transparan dan berkelanjutan terhadap pelayanan suatu program dan satuan pendidikan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Apapun tujuan dari pelaksanaan akreditasi ini yang pasti akan meningkatkan kinerja dari semua indikator dalam institusi yang akan atau yang sudah terakreditasi.

Menurut Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dalam Bab I Pasal 1 (1) Perpustakaan adalah institusi pengelola karya tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Sedangkan Perpustakaan Sekolah merupakan semua perpustakaan yang ada atau diselenggarakan di sekolah, baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sampai sekolah lanjutan, seperti perguruan tinggi.

Didirikannya perpustakaan sekolah berguna untuk menunjang proses belajar baik itu siswa yang berada di sekolah dasar atau sekolah lanjutan, dengan menyediakan koleksi buku-buku pelajaran atau bacaan yang dapat menunjang proses pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca.

Didasarkan kepada betapa pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah dalam menunjang pendidikan dan pembelajaran, maka sangat penting pula dilakukan akreditasi perpustakaan sekolah. Tujuan dilakukannya akreditasi perpustakaan adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. Sedangkan manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya.

Lembaga yang berwenang untuk melaksanakan akreditasi perpustakaan sekolah adalah Perpustakaan Nasional. Lembaga ini menyelenggarakan akreditasi perpustakaan sekolah setiap tahunnya, terhadap semua jenis perpustakaan, tidak hanya perpustakaan sekolah saja. Bermacam perpustakaan yang diakreditasi antara lain : Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi serta Perpustakaan Khusus.

Akreditasi perpustakaan memiliki arti penting dalam pengelolaan perpustakaan di Indonesia. Berbagai arti penting tersebut antara lain :

  1. Akreditasi perpustakaan sekolah merupakan bentuk pengakuan pemerintah terhadap arti penting eksistensi perpustakaan.Prgram akreditasi perpustakaan sekolah yang direncanakan oleh pemerintah melalui perpustakaan nasional merupakan wujud perhatian pemerintah atas arti penting perpustakaan pada proses pendidikan di sekolah. Akreditasi perputskaan memiliki makna sebagai proses evaluasi menunjukkan bahwa pemeintah sadar arti penting evaluasi dalam pengelolaan perpustakaan di Indonesia.
  2. Memaksa pimpinan sekolah untuk memberikan perhatian lebih kepada perpustakaan. Peran pimpinan sekolah sangat menentukan wajah sebuah perpustakaan. Atau dengan istilah lain kualitas perpustakaan sekolah sangat ditentukan oleh pimpinan sekolah itu. Sehingga dengan adanya akreditasi perpustakaan sekolah ini akan memaksa pimpinan sekolah untuk meningkatkatkan kualitas perpustakaannya.
  3. Perbaikan kualitas perpustakaan lebih cepat. Dengan akreditasi maka peningkatan kualitas perpustakaan akan dipaksa lebih cepat untuk dilakukan.

 

Akreditasi perpustakaan jelas akan meningkatkan kualitas sebuah perpustakaan, karena ada banyak sekali komponen yang harus dipenuhi untuk bisa lolos mendapatkan akreditasi. Menurut instrumen akreditasi perpustakaan sekolah yang diterbitkan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional RI Tahun 2018.

 Setiap komponen akan dinilai menggunakan indikator atau aspek penilaian yang telah ditetapkan. Setiap komponen memiliki bobot penilaian tersendiri dan dimungkinkan memiliki bobot penilaian yang berbeda.

 

Penutup

          Akreditasi perpustakaan sekolah terkadang menjadi sebuah ketakutan bagi pustakawan atau pengelola perpustakaan serta pihak sekolah yang kondisi perpustakaannya masih kurang layak. Padahal akreditasi merupakan kesempatan untuk melakukan perbaikan perpustakaan sekolah. Akreditasi perpustakaan sekolah memaksa kepala sekolah untuk lebih memperhatikan perpustakaannya. Karena jika tidak memperhatikan perpustakaannya maka hasil penilaian akreditasi terhadap  perpustakaan sekolahnya akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak hanya butuh peran pustakawan atau pengelola perpustakaan, serta kepala sekolah saja, namun juga dibutuhkan dukungan dari seluruh warga sekolah tersebut. Karena tanpa dukungan seluruh elemen maka kondisi terbaik yang diharapkan tidak akan tercapai.

          Mengantisipasi hal tersebut, diperlukan persiapan jauh-jauh hari, selain dukungan dari seluruh warga sekolah, salah satunya dengan membentuk kepanitiaan yang masing-masing diserahi tugas dan tanggungjawab tertentu, sehingga segala unsur yang dibutuhkan dalam mencapai target nilai akreditasi dapat disiapkan secara maksimal.*

 

Tahun pelajaran 2020/2021 ini, InsyaAllah SMP Negeri 1 Kandis akan diakreditasi pustaka.

Mohon do'anya mudah-mudahan mendapatkan hasil yang maksimal.

perpustakaan.smpnegeri1kandis.sch.id

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

PPDB adalah suatu sistem pendaftaran bagi calon peserta didik baru yang baru lulus sekolah di tingkat sebelumnya untuk dapat menempuh pendidikan di suatu lembaga pendidikan di tingkat s

25/06/2023 15:05 - Oleh hrd - Dilihat 435 kali
INFORMASI PAS GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023

Berikut informasi penting terkait hari Libur Nasional dan jadwal Asesmen Sumatif Semester Genap siswa kelas 7 dan 8 SMPN 1 Kandis 1.Sesuai SE Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Siak,

02/06/2023 09:49 - Oleh hrd - Dilihat 328 kali
Pengumuman Pelaksanaan Ujian Semester Genap TP. 21/22

Ujian Semester Genap telah di depan mata. Persiapan pelaksanaan tengah dilakukan. Termasuk majelis guru yang mulai disibukkan dengan membuat soal dan pengumumkan informasi penting tenta

27/05/2022 08:12 - Oleh Krisnawati - Dilihat 932 kali
INFORMASI PTS & PAS SEMESTER GENAB TAHUN AJARAN 2021/2022 SMPN 1 KANDIS

Berikut informasi Penilaian Tengah Semester Genab bagi siswa kelas 7, 8 dan Penilaian Akhir Semester Genab bagi siswa kelas 9 :  1️⃣ PTS dan PAS akan dilaksanakan pada tanggal

22/03/2022 16:55 - Oleh hrd - Dilihat 457 kali
Aktif dan Kreatif untuk Menjadi Produktif

Menjadi individu yang aktif, kreatif, dan produktif menjadi sebuah keharusan. Terlebih di zaman penuh dengan ilmu pengetahuan dan digitalisasi seperti sekarang ini. Laksana sebuah sampa

19/02/2022 15:39 - Oleh Krisnawati - Dilihat 738 kali
PERUBAHAN SHIFT PTM SISWA DAN INFO LAINNYA

Untuk memaksimalkan proses PTM siswa pada kegiatan sekolah, maka mulai Senin 31 Januari 2022 kehadiran siswa di sekolah akan mengalami pertukaran shift :   Siswa shift 1 hadir

31/01/2022 13:11 - Oleh hrd - Dilihat 523 kali
INFORMASI PTM SEMESTER GENAB 2021/2022

Berdasarkan SE Bupati Siak dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak terbaru, maka mulai tanggal 10 Januari 2022, PTM akan dilaksanakan dengan beberapa ketentuan sebagai beriku

09/01/2022 17:44 - Oleh hrd - Dilihat 343 kali
Pembagian Rapor Bukan Tremor

Barang tentu, setelah melaksanakan ujian akan dilaksanakan pula pembagian rapor. Pembagian rapor ini merupakan cerminan hasil belajar siswa setelah kurang lebih 22 minggu mendapat penga

22/12/2021 23:45 - Oleh Krisnawati - Dilihat 651 kali
JADWAL DAN TATA TERTIB UJIAN PAS GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Bismillah... Pelaksanaan PAS / Ujian Akhir Semester Ganjil InsyaAllah akan dimulai pada Senin, 06 Desember 2021. Berikut ini kami sampaikan Jadwal dan Tata Tertib bagi Pengawas Ujian at

03/12/2021 17:19 - Oleh hrd - Dilihat 16241 kali
Jadwal Pembelajaran PJJ

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.   Tahun ajaran baru sudah dimulai sejak sepekan lalu, 12 Juli 2021. Di tahun ini, SMP Negeri 1 Kandis memiliki 19 rombongan belajar. Ke

19/07/2021 10:20 - Oleh Krisnawati - Dilihat 623 kali